Soal Ulangan Harian IPS dan Kunci Jawaban Tentang Perang Dunia II dan Pengaruhnya bagi Indonesia

 on Saturday, July 23, 2016  

Solusi Tugas Sekolah - Soal Ulangan Harian IPS dan Kunci Jawaban Tentang Perang Dunia II dan Pengaruhnya bagi Indonesia.

Pilihan Ganda:

1. Perang Dunia II diawali oleh serangan Jerman ke ….
a. Uni Soviet
b. Inggris
c. Belanda
d. Polandia
2. Pihak-pihak yang berperang dalam perang dunia kedua adalah kelompok negara-negara poros dengan kelompok negara sekutu. Yang tidak termasuk kelompok negara poros adalah ....
a. Jerman
b. Italia
c. Jepang
d. Perancis
3. Awal perang dunia kedua di kawasan Pasifik ditandai dengan ....
a. Serbuan Bala Tentara Jepang ke pangkalan militer AS di Pearl Habour,
b. Serbuan Bala Tentara Jepang ke Filipina
c. Serbuan Bala Tentara Italia ke Indonesia
d. Serbuan Bala Tentara Jerman ke Uni Soviet
4. Bala Tentara Jepang yang tergabung dalam angkatan laut disebut dengan ....
a. Rikugun
b. Kaigun
c. Heiho
d. Keibodan
e. Seinendan
5. Penandatangan penyerahan tanpa syarat tentara Belanda terhadap tentara Jepang di Kalijati, dari pihak belanda diwakili oleh ....
a. Jendral Imamura
b. Jendral Tjarda
c. Jendral Ter Poorten
d. Van Mook
e. Van der Capelen
6. Organisasi bentukan Jepang yang digunakan untuk menghimpun kekuatan rakyat Indonesia mendukung Jepang dalam Perang Asia Timur Raya yang didirikan pada tanggal 1 Maret 1943, dan dipimpin oleh empat serangkai adalah ....
a. Chuo Sangi In
b. Jawa Hokokai
c. Putera
d. Keibodan
e. Heiho
7. Salah satu organisasi militer yang dibentuk oleh Jepang di Indonesia adalah ....
a. Kompetai
b. Iinkai
c. Fujinkai
d. Keibodan
e. Heiho
8. Perlawanan rakyat di Singaparna dipimpin oleh tokohdul ....
a. Abdul Jalil,
b. Abdul Hamid
c. Zainal Mustofa
d. Pang Suma
e. S. Papare
9. Pengerahan tenaga rakyat yang sangat menyengsarakan yang dilakukan pemerintah pendudukan Jepang disebut ....
a. Shekerei
b. Oshamu Seirei
c. Romusha
d. Rodi
e. Kerja Paksa
10. Untuk menarik dukungan penduduk setempat ketika posisi pasukan tentara Jepang di Pasifik mulai terdesak, maka Jepang merencanakan memberi kemerdekaan kepada Birma dan Filipina. Keputusan PM. Tojo ini mendapat protes dari para pemimpin nasionalis di Indonesia. Menanggapi protes tersebut, Jepang kemudian membentuk ....
a. BPUPKI
b. PPKI
c. Chuo Sangi In
d. Saiko Shikikan

Soal Ulangan Harian IPS dan Kunci Jawaban Tentang Perang Dunia II dan Pengaruhnya bagi Indonesia

Jawablah dengan singkat dan jelas pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
  1. Jelaskan terjadinya Perang Dunia II di wilayah Eropa!
  2. Jelaskan hubungan antara Perang Dunia II dengan pendudukan Jepang di Indonesia!
  3. Jelaskan bagaimana pembentukan pemerintahan militer pendudukan Jepang di Indonesia!
  4. Jelaskan apa Perhimpunan Gerakan Tiga A! Berhasilkan Gerakan Tiga A menarik massa untuk memasukinya? Mengapa demikian?
  5. Jelaskan kebijakan pemerintah pendudukan Jepang di bidang militer!
  6. Apa nama sebutan untuk peperangan di antara negara-negara Eropa termasuk Amerika?
  7. Negara mana yang mengobarkan Perang Asia Timur Raya pada perang dunia II?
  8. Sebutkan 3 pemerintahan militer pendudukan Jepang di Indonesia!
  9. Apa Tujuan Jepang membentuk beberapa organisasi di Indonesia?
  10. Sebutkan contoh penderitaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang!

Isilah titik-titik di bawah ini!
  1. Peristiwa yang mengawali meletusnya Perang Dunia II adalah ....
  2. Penantanganan penyerahan Jepang kepada Sekutu yang mengakhiri Perang Dunia II dilaksanakan di atas kapal perang ....
  3. Secara resmi Jepang menduduki Indonesia dimulai pada tanggal ....
  4. Untuk menarik simpati rakyat Indonesia Jepang mengembangkan Gerakan Tiga A. Isi dari Gerakan Tiga A adalah ....
  5. Organisasi yang dibentuk pemerintah pendudukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1943 dengan tujuan untuk meningkatkan semangat bangsa Indonesia dalam membantu pemerintah Jepang dalam perang melawan Sekutu, yang diketuai oleh Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantoro, dan Kyai Haji Mansyur adalah ....

Kunci Jawaban Pilihan ganda:
  1. d. Polandia
  2. d. Perancis
  3. a. Serbuan Bala Tentara Jepang ke pangkalan militer AS di Pearl Habour
  4. b. Kaigun
  5. c. Jendral Ter Poorten
  6. c. Putera
  7. e. Heiho
  8. c. Zainal Mustofa
  9. c. Romusha
  10. a. BPUPKI

Kunci Jawaban Jawab Singkat
  1. Tanggal 1 September 1939 Jerman menyerang Polandia. Serangan ini menandai munculnya Perang Dunia II. Pendudukan Jerman atas Polandia menjadi ancaman bagi Uni Sovyet. Oleh karena itu, Uni Sovyet menyerang Polandia dari arah Timur. Tujuan serangan Uni Sovyet adalah untuk membendung ancaman atau gerakan tentara Jerman ke daerah di sebelah Timur Polandia. Akhirnya, Polandia diduduki oleh Jerman dan Uni Sovyet. Sedangkan Inggris dan Perancis tidak mampu menolong Polandia, meskipun kedua negara itu telah menyatakan perang kepada Jerman pada 3 September 1939. Pada tanggal 10 Mei 1940, Jerman menyerbu Belanda, Belgia, dan Luxemburg. Serangan ini dilanjutkan ke Perancis pada awal bulan Juni 1940, melalui kota Sedan. Perancis yang diserang dari Utara dan Selatan tidak dapat mempertahankan diri dari serangan Jerman. Oleh karena itu, Jenderal de Gaulle melarikan diri ke Inggris untuk membentuk pemerintahan pengasingan di London, Inggris.
  2. Pada perang dunia II Jepang berhasil menguasai daerah Asia termasuk Indonesia. Jepang mulai menguasai Indonesia dan mengambil semua milik bangsa Indonesia, dari mulai hasil panen, barang berharga, hingga tenaga. Meski hanya 3,5 tahun, pendudukan Jepang di Indonesia sangat menyengsarakan rakyat. Setelah kekalahan Jepang dari Sekutu, Bangsa Indonesia segera menyusun kekuatan dan untuk merebut kemerdekaan.
  3. pemerintahan pendudukan Jepang adalah pemerintahan militer yang sangat diktator. Untuk mengendalikan keadaan, pemerintahan dibagi menjadi beberapa bagian. Jawa dan Madura diperintah oleh Tentara ke 16 dengan pusatnya di Jakarta (dulu Batavia). Sumatera diperintah oleh Tentara ke 25 dengan pusatnya di Bukittinggi (Sumbar). Sedangkan Indonesia bagian Timur diperintah oleh Tentara ke 2 (Angkatan Laut) dengan pusatnya di Makasar (Sulsel). Pemerintahan Angkatan Darat disebut Gunseibu, dan pemerintahan Angkatan Laut disebut Minseibu.
  4. Gerakan 3A (Jepang Pemimpin Asia, Jepang Cahaya Asia, dan Jepang Pelindung Asia) merupakan organisasi sosial yang bertujuan untuk mewadahi bangsa Indonesia agar lebih mudah untuk mengaturnya, terutama untuk mencapai tujuan Jepang. Gerakan 3A yang dipimpin oleh Mr. Syamsuddin, bertujuan: a) Menghimpun bangsa indonesia untuk mengabdi kepada kepentingan Jepang. b) Mempropagandakan kemenangan Jepang. c) Menanamkan anti Barat, terutama Belanda, Inggris, dan USA. Gerakan Tiga A menarik massa untuk memasukinya karena rakyat Indonesia tahu itu hanya tipu muslihat Jepang untuk menguasai Indonesia dan mendukungnya dalam perang melawan Sekutu.
  5. Beberapa organisasi militer yang dibentuk pemerintah Jepang, di antaranya: 1) Heiho (pembantu prajurit Jepang) adalah kesatuan militer yang dibentuk oleh pemerintah Jepang yang beranggotakan para pemuda Indonesia. Heiho menjadi bagian Angkatan Darat maupun Angkatan Laut Jepang. 2) Pembela Tanah Air (PETA) dibentuk pada tanggal 3 Oktober 1943.
  6. Serangan Jerman ke Polandia pada 1 September 1939 menandai munculnya Perang Dunia II. Serangan itu akhirnya menyulut peperangan di antara negara-negara Eropa, termasuk Amerika Serikat. Oleh karena itu perang ini sering dinamai Perang Eropa.
  7. Pada masa Perang Dunia II Jepang mengobarkan Perang Asia Timur Raya. Perang ini diawali dengan penyerbuan yang sangat gemilang pasukan tentara Jepang ke Pangkalan Angkatan Perang Amerika di Pearl Harbour. Setelah penyerbuan itu, bagaikan air bah tak terbendung, pasukan Jepang terus bergerak ke selatan, dan masuk ke Indonesia. Tentara Belanda di Indonesia dengan begitu mudahnya digilas bala tentara Jepang, Akhirnya tentara Belanda menyerah tanpa syarat kepada bala tentara Jepang.
  8. Setelah menguasai Indonesia, bala tentara Jepang kemudian membentuk pemerintahan militer pendudukan Jepang, yaitu Pemerintahan militer Angkatan Darat (Tentara Kedua Puluh Lima) untuk Sumatra. Pusatnya di Bukittinggi, Pemerintahan militer Angkatan Darat (Tentara Keenam Belas) untuk Jawa dan Madura. Pusatnya di Jakarta dan Pemerintahan militer Angkatan Laut (Armada Selatan Kedua) untuk daerah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Pusatnya di Makasar (Ujung Pandang).
  9. Untuk menarik simpati bangsa Indonesia Jepang kemudian membentuk beberapa organisasi. Organisasi itu antara lain. Gerakan Tiga A, Pusat Tenaga Rakyat, Jawa Hokokai. Jepang juga membentuk organisasi militer, antara lain (tanda merah di cut) Heiho dan PETA. Di samping membentuk organisasi, Jepang juga mengadakan pengerahan tenaga rakyat secara paksa (romusha) dan pengerahan/pengumpulan paksa hasil produk pertanian dari rakyat Indonesia.
  10. Walau hanya berlangsung singkat, kurang lebih tiga setengah tahun, pendudukan Jepang di Indonesia membawa dampak yang sangat mendalam bagi penderitaan bangsa Indonesia. Penderitaan, kelaparan, penyakit menjadi bagian kehidupan yang dominan dalam masa pendudukan Jepang.

Kunci Jawaban isian:
  1. Di Eropa Perang ini diawali oleh serangan Jerman ke Polandia pada tanggal 1 September 1939. Serangan ini telah memicu berbagai peperangan lain di kawasan Eropa. Di sisi lain, Jepang, yang berada di kawasan Asia pasifik, secara tiba-tiba mengebom pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour (Hawaii) pada 7 Desember 1941.
  2. Jepang menandatangani perjanjian di atas kapal perang USS Missouri di teluk Tokyo pada 2 September 1945.
  3. Secara resmi Jepang telah menguasai Indonesia sejak tanggal 8 Maret 1942, ketika Panglima Tertinggi Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat di Kalijati, Bandung.
  4. Jepang Pemimpin Asia, Jepang Cahaya Asia, dan Jepang Pelindung Asia.
  5. Pusat Tenaga Rakyat (Putera).
Soal Ulangan Harian IPS dan Kunci Jawaban Tentang Perang Dunia II dan Pengaruhnya bagi Indonesia 4.5 5 Unknown Saturday, July 23, 2016 Solusi Tugas Sekolah - Soal Ulangan Harian IPS dan Kunci Jawaban Tentang Perang Dunia II dan Pengaruhnya bagi Indonesia. Pilihan Ganda:...


No comments:

Post a Comment