Contoh Soal Ulangan Harian IPS dan Jawaban Materi Negara Berkembang dan Negara Maju

 on Tuesday, July 19, 2016  

Pendidikan Zone - Contoh Soal Ulangan Harian IPS dan Jawaban Materi Negara Berkembang dan Negara Maju - Berikut ini contoh soal latihan dan sola ulangan harian dan jawabannya mata pelajaran IPS Kelas IX pada materi Negara Berkembang dan Negara Maju:

Soal:

A. Pilihlah jawaban yang paling benar, dengan memberi tanda silang (x) pada huruf di depannya!

1. Terkait dengan aspek sosial, ekonomi, dan politik, pada awalnya pengelompokan negara dibagi menjadi tiga, yang termasuk kelompok pertama, adalah sebagai berikut ....
a. Eropa, Amerika, Australia
b. Amerika, Jepang, Selandia Baru, Rusia
c. Eropa Barat, Amerika, Jepang, Australia, Selandia Baru
d. Eropa Barat, Jepang, Rusia, Cina, Australia, Selandia Baru.

2. Indonesia sebagai negara Berkembang, dilihat pendapatan per kapitanya memang rendah, untuk tahun 2006. Jika dibandingkan dengan sesama negara berkembang lainnya di dunia, pendapatan per kapita Indonesia menduduki urutan ke ....
a. Kedua setelah Bangladesh
b. Pertama diatas India
c. Ketiga setelah Guantemala
d. Kelima setelah El Salvador

Contoh Soal Ulangan Harian IPS dan Jawaban Materi Negara Berkembang dan Negara Maju

3. Salah satu ciri pada Negara-Negara Berkembang indikasinya adalah produktivitas rendah. Untuk mengukur produktivitas dilakukan dengan cara membandingkan antara ....
a. Proses dengan output
b. Proses dengan input
c. Input dengan output
d. Output dengan input

4. Ciri-ciri dari negara maju adalah pendapatan per kapita tinggi, dan pendidikan juga sudah tinggi. Di negara maju wajib belajar yang dilaksanakan di sana adalah sampain ke jenjang ....
a. Pendidikan tinggi
b. Jenjang SMP
c. Jenjang SMA
d. Sudah tidak ada wajib belajar

B. Jawablah dengan singkat!
  1. Sebutkan indikator negara berkembang dan negara maju!
  2. Sebutkan ciri-ciri negara berkembang!
  3. Sebutkan ciri-ciri negara maju!
  4. Sebutkan wilayah persebaran negara-negara berkembang!
  5. Sebutkan wilayah persebaran negara-negara maju!
  6. Angka pertumbuhan penduduk di negara-negara maju cendrung kecil karena orientasi mereka adalah kesejahteran. Persoalan yang timbul di negara-negara maju ke depan adalah berkaitan dengan hal tersebut, persoalan apa yang sedang dihadapi oleh negara Jerman?
  7. Tuliskan lima negara berkembang di wilayah persebaran Asia Tengah!
  8. Tuliskan pula lima negara berkembang di wilayah persebaran Amerika Tengah!
  9. Sebutkan dua negara maju di wilayah persebaran Asia Timur!
  10. Sebutkan dua negara maju di wilayah persebaran Belahan Bumi bagian Selatan!

Jawaban A:
  1. c. Eropa Barat, Amerika, Jepang, Australia, Selandia Baru
  2. c. Ketiga setelah Guantemala
  3. d. Output dengan input
  4. c. Jenjang SMA 

Jawaban B:
  1. Indikator negara berkembang dan maju adalah sebagai berikut: (a). Pendapatan nasional per kapita, diperoleh dengan membagi jumlah keseluruhan pendapatan Negara per tahun dengan jumlah seluruh penduduk. (b). Struktur mata pencaharian penduduk. Jika persentase tenaga kerja sebagian besar memproduksi bahan makanan pokok, Negara tersebut Negara berkembang.(c). Produktivitas per tenaga kerja, diperoleh dari seluruh produksi sat tahun dibagi dengan seluruh angkatan kerja. (d). Penggunaan energi per orang, semakin tinggi penggunaan energi Negara tersebut tergolong negara maju. (e). Fasilitas transportasi dan komunikasi per orang. Ditentukan dengan panjang jalan kereta api, jalan raya, frekuensi perhubungan udara, telepon, jumlah televisi. Makin tinggi indeksnya makin maju negara tersebut. (f). Penggunaan logam yang di olah. Semakin banyak logam yang di olah semakin maju negara tersebut. (g). Ukuran lain adalah tingkat melek huruf penduduk, tingkat penggunaan kalori per orang, tingkat pendapatan keluarga dan jumlah tabungan per kapita.
  2. Ciri-ciri negara berkembang adalah (1) Ekonomi (Tingkat pendapatan per kapita) rendah (2) Tingkat Pendidikan rendah (3) Tingkat Produktifitas rendah (4) Tingkat Pertumbuhan Penduduk dan Beban Tanggungan tinggi (5) Tingkat Pengangguran tinggi (6) Ketergantungan Produksi primer, dan import produk sekunder (7) Lingkungan fisik belum baik.
  3. Ciri-ciri negara maju antara lain: (1) Pendapatan per Kapita Tinggi (2) Tingkat Pendidikan Tinggi (3) Pertumbuhan penduduk kecil, (4) Kegiatan ekonomi berbasis industri dan jasa, (5) Sebagian besar penduduk tinggal di perkotaan, (6) Angka harapan hidup tinggi, (7) Lingkungan Fisik baik.
  4. Wilayah persebaran Negara-negara berkembang sebagian besar terletak di Belahan Bumi Bagian Selatan yaitu di Benua Asia, Benua Amerika dan Benua Afrika.
  5. Wilayah persebaran Negara-negara maju sebagian besar terletak di Belahan Bumi Utara, meliputi Benua Eropa, Asia, Amerika. Hanya Australia dan Selandia baru terletak di Belahan Bumi Bagian Selatan.
  6. Persoalan yang sedang dihadapi oleh negara Jerman adalah masalah kekurangan penduduk.
  7. Lima negara berkembang di wilayah persebaran Asia Tengah adalah: Kazakhtan, Uzbekistan,Turkmenistan, Tajikistan, Kirgistan, Afganistan.
  8. Lima negara berkembang di wilayah persebaran Amerika Tengah adalah: Meksiko, Guatemala, Honduras, El Salvador, Panama, Belize, Kosta Rika.
  9. Dua negara maju di wilayah persebaran Asia Timur adalah : Jepang, Korea Selatan.
  10. Dua negara maju di wilayah persebaran Belahan Bumi bagian Selatan adalah Australia dan Selandia Baru.
Contoh Soal Ulangan Harian IPS dan Jawaban Materi Negara Berkembang dan Negara Maju 4.5 5 Unknown Tuesday, July 19, 2016 Pendidikan Zone - Contoh Soal Ulangan Harian IPS dan Jawaban Materi Negara Berkembang dan Negara Maju - Berikut ini contoh soal latihan dan...


No comments:

Post a Comment