Apa saja Ciri Negara Maju dari Segi Ekonomi, Kualitas Penduduk, dan Lingkungan Fisiknya!

 on Monday, July 18, 2016  

Pendidikan Zone - Apa saja Ciri Negara Maju dari Segi Ekonomi, Kualitas Penduduk, dan Lingkungan Fisiknya! - Ciri-Ciri Negara Maju - Negara maju pada umumnya memiliki pertumbuhan penduduk yang kecil, karena orientasi hidup mereka adalah untuk bekerja. Sementara itu negara maju sudah menerapkan zero population growth (pertumbuhan penduduk kearah nol) sebagai kebijakan negara.

Di samping itu negara maju sudah mampu mengelola sumber daya alamnya secara efekif dan efesien dengan menerapkan teknologi yang canggih. Industri sekunder dan industri pertanian berkembang dengan pesat, dengan teknolog canggih. Dalam pengelolaan sumber daya alamnya sudah memperhatikan kelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Negara Maju adalah Negara yang memiliki standar hidup yang relatif tinggi melalui Teknologi yang canggih serta memiliki tingkat ekonomi yang merata. Kriteria-kriteria umum yang digunakan untuk menentukan apakah sebuah Negara dapat disebut dengan Negara Maju adalah Pendapatan Domestik Bruto (PDB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Per Kapita serta Infrastruktur, taraf standar hidup dan juga tingkat Industrialisasinya. Kini terdapat Indeks baru yang mengukur Standar hidup, pendidikan dan harapan hidup suatu negara, Index tersebut dinamakan Human Development Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia. Indeks HDI ini juga merupakan salah satu faktor yang menentukan suatu Negara apakah masuk ke kategori Negara Maju atau Negara Berkembang.

Apa saja Ciri Negara Maju dari Segi Ekonomi, Kualitas Penduduk, dan Lingkungan Fisiknya!

Setiap Organisasi seperti IMF, CIA atau Bank Dunia memiliki kriteria yang beragam dalam penggolongan Negara Maju. International Monetary Fund atau IMF menggunakan sebutan “Advance Economies” untuk Negara-negara Maju sedangkan CIA Amerika Serikat yang dalam World Factbook-nya menggunakan nama “Developed Countries” untuk Negara-negara yang digolongkan dalam Negara Maju. Pada dasarnya, tidak ada penggolongan yang resmi untuk Negara Maju ataupun Negara Berkembang menurut Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Berikut ini ciri-ciri negara maju jika dilihat dari segi ekonomi, kualitas penduduk, dan lingkungan fisiknya:

1. Ciri-Ciri Negara Maju dari Segi Ekonomi (Pendapatan per Kapita)

Pertumbuhan ekonomi negara maju sangat pesat. Sebagian besar penduduknya bekerja di sektor industri dan jasa. Pendapatan per kapita penduduknya tinggi.

Berikut ini daftar nama negara maju dan pendapatan per kapitanya di dunia menurut IMF dan CIA World Factbook:

1 Amerika Serikat US$ 52.800,-
2 Andora US$ 37.200,-
3 Australia US$ 43.000,-
4 Austria US$ 42.600,-
5 Belgia US$ 37.800,-
6 Belanda US$ 43.300,-
7 Brunei Darussalam US$ 54.800,-
8 Denmark US$ 37.800,-
9 Finlandia US$ 35.900,-
10 Hongaria US$ 19.800,-
11 Italia US$ 29.600,-
12 Irlandia US$ 41.300,-
13 Islandia US$ 40.700,-
14 Inggris US$ 37.300,-
15 Israel US$ 36.200,-
16 Jerman US$ 39.500,-
17 Jepang US$ 37.100,-
18 Kanada US$ 43.100,-
19 Kuwait US$ 42.100,-
20 Korea Selatan US$ 33.200,-
21 Luksemburg US$ 77.900,-
22 Liechtenstein US$ 89.400,-
23 Monako US$ 85.500,-
24 Norwegia US$ 55.400,-
25 Portugal US$ 22.900,-
26 Perancis US$ 35.700,-
27 Qatar US$102.100,-
28 Spanyol US$ 30.100,-
29 Singapura US$ 62.400,-
30 Swedia US$ 40.900,-
31 Swiss US$ 54.800,-
32 San Marino US$ 55.000,-
33 Uni Emirat Arab US$ 29.900,-
34 Vatikan
35 Yunani US$ 23.600,-

Catatan :
  • PDB Perkapita dikutip dari CIA World Factbook (Data Tahun 2013).
  • Hongkong tidak dimasukan kedalam daftar ini karena Hongkong merupakan daerah Administratif China (bagian dari Republik Rakyat China)

Apa saja Ciri Negara Maju dari Segi Ekonomi, Kualitas Penduduk, dan Lingkungan Fisiknya!

2. Ciri-Ciri Negara Maju dari Kualitas Penduduk

a) Tingkat Pendidikan Tinggi

Masyarakat di negara maju umumnya memiliki pendidikan yang tinggi, demikian juga dalam hal penguasaan ilmu dan teknologi berkembang dengan pesat. Berkaitan dengan itu maka negara maju memiliki kemampuan untuk mengelola sumberdaya alam secara optimal. Berbagai industri mereka miliki muali dari industri ringan sampai ke industri berat.

Berkat penguasaan teknologi inilah maka masyarakat negara maju berkembang menjadi masyarakat modern, kreatif dan inovatif.

Sebagian besar Tingkat pendidikan di negara maju wajib belajarnya sudah mencapai tingkat Sekolah Menengah Atas. Contoh negara maju yang melaksanakan wajib belajar setingkat SMA adalah Amerika Serikat, Australia, Inggris, Prancis, Jepang, dan Singapura. Prasarana dan sarana pendidikan di negara maju sudah memadai ketersediaannya. 

Kualitas penduduk suatu negara dapat diukur dari tingkat pendidikannya. Mengapa? Karena tingkat pendidikan akan berpengaruh terhadap pola berpikir seseorang, berpengaruh pula kepada tingkat kesehatan. Tingkat kesehatan yang baik berpengaruh terhadap kelahiran bayi yang baik, tidak akan mengalami kekurangan gizi, bahkan berpengaruh besar juga terhadap kematian bayi. Kecilnya kematian bayi berpengaruh terhadap angka usia harapan hidup.

Akibat pertumbuhan penduduk yang rendah, maka timbulah permasalahan pendudk, yang dikenal dengan masalah kekurangan penduduk.

b) Tingkat Produktivitas Tinggi

Produktivitas per tenaga kerja diperoleh dengan menentukan keseluruhan produksi selama satu tahun dibagi jumlah seluruh akatan kerja. Hal ini disebabkan karena sebagian besar penduduk bekerja pada sektor industri. Industri menyebabkan produktivitas tinggi, sehingga pertumbuhan ekonomi negara makin cepat.

c) Tingkat Pertumbuhan Penduduk

Tingkat pertumbuhan penduduk di Negara-negara maju relative rendah, yaitu dibawah 1% per tahun. Hal ini disebabkan karena angka kelahiran dan kematian sudah dapat dikontrol dan sebagian besar penduduk berstatus menikah telah menggunakan alat kontrasepsi. Angka kematian bayi di negara maju berkisara antara 8 – 14 orang per 1000 jiwa, Begitu pula angka kematian berkisar anatar 4 – 10 orang per 1000 jiwa, Indikator tingkat pendidikan dan kesehatan, serta kecilnya kematian, menunjukkan baiknya kualitas penduduk negara maju. 

Berikut ini tabel tingkat pertumbuhan penduduk negara-negara maju:

d) Tingkat Pengangguran Semu

Pengangguran semu tidak terjadi karena lapangan kerja cukup tersedia, dibidang industri, penggunaan tenaga kerja yang sesuai dengan bidangnya, lebih profesional, dan efisien, dibanding negara-negara berkembang.

e) Produk Utamanya barang sekunder dan tersier

Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan didukung oleh sumberdaya alam berupa hasil tambang seperti biji besi, tembaga dan lainlian. Barang tambang merupakan bahan baku bagi perindustrian. Produk utamanya adalah barang-barang sekunder (manufaktur) dan tersier (jasa). Ekspor utamanya terdiri dari barang-barang buatan pabrik, seperti mesin-mesin, elektronik, bahan-bahan kimia, serta jasa.

3. Ciri-Ciri Negara Maju dari Lingkungan Fisik

Luas wilayah negara-negara maju sama seperti halnya luas di negara-negara berkembang sangat bervarisi ada yang luas seperti Amerika Serikat, tetapi ada yang sempit sepeti Jepang, Singapura. 

Demikian pula kepemilikan sumberdaya alamnya bervariasi, ada yang kaya bahan tambang, ada pula miskin sumberdaya alamnya seperti misalnya Jepang. Namun lingkungan fisik ini nampaknya bukan merupakan kendala. Negara maju yang meiliki sumberdaya alam yang sedikit masih saja menjadi negara maju yang besar di dunia, seperti Jepang.

Industrinya maju pesat, perdagangannya juga maju. Mengapa demikian karena ? Karena negara-negara maju sudah mengelola lingkungan fisiknya secara maksimal.

Mengembangkan wilayah pantai menjadi kota-kota pelabuhan yang strategis, untuk melakukan perdagangan luar negeri. Pelabuhan berperan sebagai penyedia bahan mentah demi kemajuan industri. Dalam hal pemanfaatan energi alternatif sudah banyak dilakukan, misalnya dari sumberdaya air sebagai pembangkit listrik, tenaga surya, tenaga angin dan panas bumi untuk kepentingan industrinya.
Apa saja Ciri Negara Maju dari Segi Ekonomi, Kualitas Penduduk, dan Lingkungan Fisiknya! 4.5 5 Unknown Monday, July 18, 2016 Pendidikan Zone - Apa saja Ciri Negara Maju dari Segi Ekonomi, Kualitas Penduduk, dan Lingkungan Fisiknya! - Ciri-Ciri Negara Maju - Negara...


No comments:

Post a Comment